Menentukan Nilai KKM tingkat Sekolah Dasar dengan Aplikasi Excel

KKM SD

KKM ( Kriteria Ketuntasan Minimum ) adalah nilai Minimum/batas nilai terkecil yang harus diperoleh siswa sehingga dapat dinyatakan bahwa siswa tersebut lulus pada sebuah bidang mata pelajaran dari sebuah Instansi Pendidikan ( sekolah ). KKM merupakan sebuah nilai yang harus dipertimbangkan dan ditetapkan secara bersama oleh semua guru yang berhubungan dalam sebuah instansi pendidikan. 

Beberapa tujuan dari dibuatnya Nilai KKM yakni sebagai acuan penilaian seorang guru terhadap kemampuan muridnya dan dapat menjadi bahan evaluasi keberhasilan siswa dalam mengikuti pembelajaran. KKM juga berperan sebagai evaluasi guru terhadap keberhasilan dalam kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan. Jika siswa secara mayoritas bahkan keseluruhan telah memperoleh hasil nilai ujian diatas KKM maka guru tersebut dikategorikan sudah sukses memberikan pembelajaran kepada muridnya, namun jika sebaliknya guru wajib melakukan evaluasi terhadap kegiatan belajar mengajar yang dilakukan. 

Guna menentukan nilai KKM, seorang guru harus mempertimbangkan berbagai hal diantaranya adalah Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, Kompleksitas Pelajaran, Sumber Daya Pendukung dalam kegiatan Pembelajaran di Sekolah, Potensi Siswa, dan Ketuntasan. Mengacu pada beberapa hal tersebut, berikut ini adalah sebuah perhitungan sederhana dengan memanfaatkan excel yang dapat Bapak/Ibu gunakan dalam menghitung nilai KKM untuk tingkat Sekolah Dasar Kelas I ( Satu ), II ( Dua ), III ( Tiga ), IV ( Empat ), V ( Lima ), dan VI ( Enam ).

Perhitungan KKM SD Kelas 1 - 6 diatas dapat menjadi pertimbangan Bapak/Ibu Guru dalam menentukan KKM di Sekolah masing - masing. Namun, tentunya penyesuaian dan pembuatan KKM harus dilakukan dengan kesepakatan dan persetujuan bersama oleh berbagai pihak. 

Demikianlah postingan kali ini mengenai Aplikasi Perhitungan Sederhana guna menentukan KKM tingkat Sekolah Dasar, semoga dapat bermanfaat dan meringankan pekerjaan Bapak/Ibu Guru di Sekolah. Salam Pendidikan

Aplikasi/Admnistrasi Guru Lainnya :

    Subscribe to receive free email updates:

    0 Response to "Menentukan Nilai KKM tingkat Sekolah Dasar dengan Aplikasi Excel"

    Post a Comment